Manfaat Pendaftaran Merek Dagang

Berikut Beberapa Manfaat Pendaftaran Merek Dagang :

1. Menghindari merek digunakan pihak lain.
Merek yang telah didaftarkan bisa menjadi dasar hukum agar orang lain tidak menggunakan merek yang sama untuk produk atau jasa yang Anda miliki tersebut. Jika  Anda belum mendaftarkan merek maka sangat mudah bagi pihak lain untuk menggunakan merek itu.

2. Bisa dijual melalui franchise atau waralaba.
Jika ingin mengembangkan bisnis dengan sistem waralaba atau franchise maka Anda harus mendaftarkan merek yang Anda miliki. Setelah merek tersebut terdaftar barulah Anda bisa mengembangkan bisnis dengan sistem waralaba.

3. Sebagai bukti kepemilikan merek yang sah.
Ada cukup banyak kasus masalah merek, jika tidak ada bukti kepemilikan merek tersebut tentu akan merugikan orang yang membuat merek. Ketika Anda mendaftarkan merek maka Anda akan memiliki sertifikat pendaftaran merek yang bisa dijadikan sebagai bukti kepemilikan merek jika suatu saat terjadi sengketa.

4. Merek yang terdaftar di Dirjen HAKI nilainya bertambah.
Merek yang Anda miliki merupakan aset yang berharga sehingga setelah Anda mendaftarkan merek tersebut maka aset itu akan bertambah.

5. Perlindungan hukum.
Merek yang terdaftar akan mendapatkan perlindungan selama 10 tahun dan perlindungan tersebut bisa diperpanjang dan bisa diwariskan.