Keputusan Pemegang Saham – Circular Resolution

Sesuai ketentuan pasal 91 UUPT, pemegang saham dapat mengambil keputusan yang mengikat di luar RUPS dengan syarat semua pemegang saham dengan hak suara menyetujui secara tertulis dengan menandatangani usul yang bersangkutan. Hal inilah yang sering disebut sebagai Keputusan Pemegang Saham yang diambil dengan cara Circular Resolution.

Keputusan Pemegang Saham yang diambil secara Circular Resolution tersebut tidak diputuskan dalam rapat, karena memang tidak ada rapat (RUPS) dan tidak ada Risalah Rapat. Para Pemegang Saham tidak mengambil keputusan dengan mekanisme rapat (RUPS) tetapi keputusan diambil tanpa ada rapat sama sekali. Para Pemegang Saham disini hanya menyetujui usul yang diajukan oleh Direksi kepada para Pemegang Saham secara tertulis. Usulan Direksi tersebut baru dapat dianggap mengikat sebagaimana mengikat keputusan yang diambil dalam RUPS apabila semua Pemegang Saham menyetujui usulan tersebut dengan cara menandatanganinya pada lembar usulan itu.

Jadi pada Circular Resolution, tidak ada rapat (RUPS) dan tidak ada Risalah Rapat (RR). Yang ada adalah usulan Direksi secara tertulis kepada para Pemegang Saham untuk disetujui, yang apabila usulan tersebut disetujui oleh semua Pemegang Saham dengan cara menandatangani pada lembar usulan itu maka usulan Direksi tersebut akan berubah menjadi Keputusan Pemegang Saham.

Keputusan Pemegang Saham yang diambil secara sirkular tersebut yang kemudian akan dituangkan oleh Notaris ke dalam akta atas permintaan orang yang diberi kuasa dalam keputusan itu. Akta Notaris tersebut berbentuk Pernyataan Keputusan Pemegang Saham (PKPS).

Isi dari Keputusan Pemegang Saham tersebut bukan tanggung jawab Notaris. Jika ada Pemegang Saham yang merasa tidak menandatangani Circular Resolution tersebut maka hal itu menjadi tanggung jawab Direksi selaku pihak yang berwenang dan bertanggung jawab atas usulan itu dan juga menjadi tanggung jawab dari orang yang meminta Notaris untuk menuangkan isi Circular Resolution tersebut ke dalam akta.

***TAUFIK, SH***